PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Misri Diana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101030017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Daya Serap Siswa
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Daya Serap Siswa
Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Banda Aceh”. Tujuan penelitian
ini (1) untuk mengetahui lingkungan sekolah di SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2)
untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap daya serap siswa pada mata
pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada SMP Negeri 8 Banda Aceh yang
berjumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi,
yaitu 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan,
observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis
regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan
uji t. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat beberapa indikator lingkungan sekolah
termasuk dalam katagori sangat baik. Indikator tersebut adalah relasi siswa dengan
staf sebesar 3,6, dan kedisiplinan sekolah sebesar 3,55. Sedangkan indikator yang
berkatagori baik yaitu suasana sekolah sebesar 3,32, relasi siswa dengan guru sebesar
3,36, metode mengajar sebesar 3,29, relasi siswa dengan siswa sebesar 3,54 dan
kegiatan kurikuler sekolah sebesar 3,42. Berdasarkan hasil analisis regresi linier
sederhana diperoleh Y = 47,49 + 0,53 yang berarti setiap peningkatan 1 satuan
lingkungan sekolah maka akan berpengaruh terhadap peningkatan nilai daya serap
siswa sebesar 0,53. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,375 yang bearti daya serap
siswa 37,5% dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah. Tinjauan hipotesis
menunjukkan nilai thitung 4,511 lebih besar dari ttabel 2,032 dengan tingkat kesalahan
5% dan dk=36-2=34, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara lingkungan sekolah terhadap daya serap siswa pada mata pelajaran
IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK