//

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH MENULIS PARAGRAF NARATIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marwati - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
WRITING SKILLS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Kemampuan, Menulis, paragraf naratif. Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh Menulis Paragraf Naratif”. Masalah dalam penelitian ini, bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh menulis paragraf naratif? Secara rinci, permasalahan ini mencakup (1) apakah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh mampu menulis paragraf naratif berdasarkan urut-urutan peristiwa yang dinarasikan; (2) apakah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh mampu menulis paragraf naratif dengan menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan tokoh; (3) apakah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh mampu menulis paragraf naratif hingga tergambar secara jelas peristiwa yang telah terjadi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh menulis paragraf naratif berdasarkan urut-urut peristiwa yang dinarasikan, menonjolkan unsur perbuatan/tindakn tokoh, dan penggambaran secara jelas peristiwa yang telah terjadi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi 147 orang siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu tes menulis paragraf naratif. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh menulis paragraf naratif adalah 62. Berdasarkan klasifikasi nilai yang ditetapkan Depdiknas 2007, angka tersebut berada pada kategori cukup yaitu antara rentang 56-65. Hal ini dapat dilihat dari pengolahan data, yaitu siswa yang memperoleh nilai pada kategori baik sekali berjumlah 6 orang (16%), kategori baik berjumlah 6 orang (16%), kategori sedang berjumlah 4 orang (11%), kategori cukup berjumlah 8 orang (22%) dan kategori kurang berjumlah 13 orang (35%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh menulis paragraf naratif termasuk dalam kategori cukup.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH DALAM MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF (Jumiati, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH MENULIS PARAGRAF NARASI (Juliana, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI NEUHEUN KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DARA MAULIDIA, 2019)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI (Ervania, 2018)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN TIMUR MENULIS PANTUN (Mardiani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy