//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Roliza Yulisa - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pengaruh, media gambar, hasil belajar Penelitian ini adalah sebuah eksperimen dari penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar fisika. Beberapa siswa memperlihatkan kemampuannya pada materi fisika masih rendah. Dalam hal ini penulis mencari media yang efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran fisika. Oleh karena itu salah satu strategi yang baik adalah dengan menggunakan media gambar. Sehingga penelitian ini berjudul pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 kelas VIII yang berjumlah 46 orang sedangkan sampelnya berjumlah 2 kelas VIII dengan jumlah siswa 31 orang yang diambil secara random sampling yaitu dengan cara undian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tes hasil belajar siswa dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Hasil ini dapat di lihat dari hasil uji hipotesis (t) yangdilakukan penulis. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung > ttabel dengan nilai thitung = 2,32 dan ttabel = 1,70. Sehingga hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan media gambar lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas yang tanpa menggunakan media gambar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI (Ervania, 2018)

PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING SECARA BERKELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Nila Herita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy