//

PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL MGH2 / FE2O3

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuzman Alfian Ridha - Personal Name
SubjectCHEMISTRY-APLLIED
HYDROGEN-CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kendala utama yang menghambat pada aplikasi bahan bakar fuel cell untuk kendaraan saat ini adalah tabung penyimpan hidrogennya (On Board Storage). Oleh sebab itu penelitian ini ingin menjelaskan serangkaian kajian terhadap material penyimpan hidrogen berbasis MgH2, di mana MgH2 dipadukan dengan katalis Fe2O3 sebesar 5 wt% dan dipreparasi dengan teknik mechanical alloying dengan variasi waktu 3 jam, 5 jam dan 7 jam. Sampel Fe2O3 diperoleh dari lokasi pertambangan PT. Lhong Setia Minning (LSM) Lhoong, Aceh Besar. Proses separasi dilakukan secara manual dengan menggunakan magnet batang. Selanjutnya dilakukan penambahan asam-basa. Pengujian XRD dilakukan untuk mengetahui komposisi fasa, SEM untuk pengujian struktur mikro dan pengujian perubahan suhu termal dengan DSC. Hasil pengujian dengan difraksi sinar-X menunjukkan bahwa fasa MgH2 adalah fasa yang paling dominan/utama. Hasil pengujian dengan SEM menunjukkan bahwa semakin lama proses waktu milling, maka struktur permukaan sampel akan lebih halus dan semua sampel cenderung untuk teraglomerasi. Hasil pengujian DSC menunjukkan bahwa penambahan Fe2O3 mampu menurunkan tempertur pelepasan H2 yang terikat pada MgH2 pada variasi waktu 7 jam dengan suhu 281,33 oC Kata kunci : penyimpan hidrogen , magnesium, mechanical alloying, katalis Fe2O3, batu bijih besi¸milling

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

¬PENGARUH SISIPAN KATALIS SIO2 DALAM MGH2 TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI UNTUK APLIKASI MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN (ELISA PAJRIANA, 2015)

PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN SISTEM MGH2-FE3O4 (AYU ULANDARI, 2021)

STUDI PENGARUH WAKTU MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPANAN HIDROGEN BERBASIS MGH2 YANG DIADISI KATALIS SIO2 DARI PASIR KUARSA (MIRZA ARJUNI SINAGA, 2016)

STUDY MATERIAL FE2O3 UNTUK KATALIS MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN BERBASIS MGH2 (Andia Fatmaliana, 2016)

PENGARUH MILLING TERHADAP TEMPERATUR DESORPSI MATERIAL PENYIMPAN HIDROGEN BERBASIS MGH2-SIO2 (Ananda Dwi Utami, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy