//

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKANKEMANDIRIAN BELAJAR RNSISWADI SMP NEGERI 1 KUTABARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairiah Lismaya Fitri - Personal Name
SubjectTEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Upaya Guru, Kemandirian Belajar Siswa Penelitian ini membahas tentang: Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kuta Baro. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah: 12 guru yang berada di SMP Negeri 1 Kuta Baro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 1 Kuta Baro adalah guru hendaknya merencanakan pembelajaran yang menuntut siswa banyak melakukan aktivitas belajar sendiri atau mandiri, memberikan dorongan pada awal pembelajaran, menginformasikan pada siswa mengenai kekuatan belajar, mengarahkan siswa pada kegiatan belajar, memberikan penguatan akan tantangan belajar untuk mencapai tujuan sehingga puncak keberhasilan di raih. Dalam hal ini guru hendaknya mampu mengarahkan siswa agar memiliki kesadaran dari hati nurani untuk berusaha senantiasa belajar dengan baik, sehingga mencapai tujuan dengan hasil yang memuaskan. Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah kurangnya minat siswa dalam belajar, karena sebagian siswa jika diberi tugas oleh guru harus disertai dengan adanya sanksi agar mereka mau mengerjakannya. Sedangkan, faktor pendorong dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah selain dari niat siswa sendiri, guru dapat memberikan metode-metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran yang baik, serta harus sesuai dengan tujuan pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan, memberikan kebebasan kepada siswa apakah siswa ingin belajar secara individu, berkelompok/berdiskusi atau bahkan belajar di luar kelas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Rafika, 2017)

TEACHERS’ ABILITY TO USE ICEBREAKING ACTIVITIES IN TEACHING SPEAKING (Nini Darniati, 2019)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKANKEMANDIRIAN BELAJAR RNSISWADI SMP NEGERI 1 KUTABARO (Chairiah Lismaya Fitri, 2015)

UPAYA GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( SUATU STUDI DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM) (Leni Tinambunan, 2018)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PASI LHOK KABUPATEN PIDIE TAHUN AJARAN 2017/2018 (Nurlena, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy