//

ALTERNATIF PERKUATAN DINDING UNTUK MENCEGAH KEHANCURAN BRITTLE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahlil - Personal Name
SubjectBRICKS - STRUCTURAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Alternatif perkuatan dinding untuk mencegah kehancuran brittle pada dinding bata merah dan batafoam yaitu dengan menggunakan perkuatan berupa wiremesh dan PP-Band. Pada penelitian ini digunakan benda uji dinding berukuran (80×50×13) cm untuk uji tekan dan uji lentur, dan dinding berukuran (46×46×13) cm untuk uji geser diagonal. Material dinding yang digunakan adalah bata merah dan batafoam. Dinding tersebut diberikan perkuatan dan plesteran diseluruh sisinya. Benda uji tanpa perkuatan adalah benda uji kontrol. Pada pasangan dinding bata merah, nilai kuat tekan dinding yang diperkuat wiremesh dan PP-Band mengalami peningkatan sebesar 61,5% dan 10,9%, nilai kuat lentur mengalami peningkatan sebesar 174,1% (wiremesh) dan 49,9% (PP-Band), dan nilai kuat geser diagonal mengalami peningkatan sebesar 24,1 % (wiremesh) dan 12,2 % (PP-Band) dari dinding bata merah kontrol. Pada pasangan dinding batafoam, nilai kuat tekan dinding yang diperkuat wiremesh dan PP-Band mengalami peningkatan sebesar 42,6% dan 8,9%, nilai kuat lentur mengalami peningkatan sebesar 382,8 % (wiremesh) dan 46,1% (PP-Band), dan nilai kuat geser diagonal mengalami peningkatan sebesar 102,2% (wiremesh) dan 23,2% (PP-Band) dari dinding batafoam kontrol. Penggunaan bahan perkuatan memperbaiki pola kehancuran dinding dari getas menjadi lebih daktail dan perkuatan wiremesh memberikan daktilitas yang lebih besar dari pada perkuatan PP-Band.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAPASITAS GAYA LATERAL DINDING INTERLOCKING BRICKS PADA BANGUNAN SEDERHANA (FITRAH ASYADID H, 2021)

UJI KUAT TEKAN BATA INTERLOCK DENGAN VARIASI FAS 0,3; 0,4 DAN 0,5 PADA CAMPURAN PEMBENTUKNYA. (Saidi Haboby, 2020)

ALTERNATIF PERKUATAN DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN CUT MUTIA KOTA JANTHO MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (Faisal, 2016)

EFISIENSI BIAYA PEKERJAAN DINDING MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR STIKES MEDIKA NURUL ISLAM SIGLI (Haris, 2016)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN DINDING PENAHAN KANTILEVER PADA LONGSORAN JALAN BIREUEN – TAKENGON KM 92 (ARIF GUSMAN, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy