//

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Agustiya - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
LEARNING
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Gaya belajar merupakan cara yang cenderung dipilih seseorang dalam belajar baik menerima, mengolah, dan menyimpan informasi. Gaya belajar tidak hanya kegiatan seperti melihat, mendengar, menulis, dan berkata, tetapi juga aspek dalam mengolah informasi, dan merespon sesuatu secara abstrak dan konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif serta populasi seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas, untuk pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas VIII_7 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi aktivitas belajar siswa ketika proses pembelajaran matematika berlangsung, dan memberikan angket gaya belajar kepada siswa diakhir pembelajaran, serta dokumentasi nilai ulangan matematika siswa pada materi aljabar. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 65,62% siswa memiliki gaya belajar visual, 25% siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan 9,37% siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji statistik distribusi chi kuadrat B K untuk data observasi dan angket siswa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan uji dengan kriteria, jika x 2 hitung > x 2 tabel pada taraf signifikan α = 5%, maka hipotesis diterima dan sebaliknya, jika x 2 hitung ≤ x 2 tabel pada taraf signifikan α = 5%, maka hipotesis ditolak. Hasil penelitian menunjukkan x 2 hitung sebesar 11,48 dan x 2 tabel sebesar 9,49 sehingga x 2 hitung > x 2 tabel oleh karena itu hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 10 BANDA ACEH (Dewi Arsita, 2020)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Eka Agustiya, 2015)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy