Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH
Pengarang
Nurul Amalia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103020079
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : analisis kesulitan, penyebab kesulitan, operasi hitung pada bilangan pecahan
Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kenyataannya saat ini seringkali siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal matematika secara tuntas, yang disebabkan oleh ketidakmampuan siswa memahami atau mengingat konsep-konsep dasar matematika. Sehingga prestasi siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada kesempatan ini, peneliti ingin mengadakan penelitian dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Inshafuddin dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan; (2) jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Inshafuddin dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan; (3) penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Inshafuddin dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Inshafuddin yang berjumlah 25 siswa. Data yang dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Tes dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk mengetahui presentase jenis kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa kelas VII-B SMP Inshafuddin Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pada bilangan pecahan yaitu dari 25 siswa yang diteliti 29,2% siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep, 21,2% siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip, dan 10% siswa mengalami kesulitan verbal. Penyebab kesulitan yang dialami siswa tersebut adalah karena: (1) materi yang sulit dipahami; (2) pemahaman konsep dasar operasi hitung pada bilangan pecahan yang masih rendah; (3) kemampuan siswa yang rendah; (4) kurangnya latihan pengerjaan soal operasi hitung pada bilangan pecahan; dan (5) Kurangnya penghayatan dalam membaca soal.
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Siti Hawa, 2021)
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)
KESALAHAN SISWA MEMAHAMI OPERASI BILANGAN PECAHANRNDI KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013 (Azizah, 2014)
EKSPLORASI PENGUASAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT (DESVIA ANANDA, 2022)
KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MURID KELAS V SD MUHAMMADIYAH I BANDA ACEH (Vitriya, 2021)