//

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Rahayu - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Ketuntasan Hasil Belajar, Media Komik Matematika, Lambang Bilangan Romawi. Siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar matematika, terutama pada materi lambang bilangan romawi. Banyak siswa yang merasa bosan dan malas untuk belajar. Hal ini dapat ditandai dengan banyaknya siswa yang tidak dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat mengakrabkan matematika dengan siswa. Salah satunya dengan menggunakan media komik matematika. Adapun rumusan masalah penelitian ini bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa melalui media komik matematika pada materi lambang bilangan romawi di kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui media komik matematika pada materi lambang bilangan romawi di kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu pre experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh yang berjumlah 17 siswa. Seluruh siswa tersebut ditetapkan sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena kurang dari 30 orang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang diberikan setelah selesai menerapkan media komik. Pengolahan data menggunakan teknik statistik yang sesuai yaitu uji-t satu pihak, tepatnya uji pihak kanan. Dari hasil pengolahan data didapatkan thitung= 3,52 dan ttabel = 1,75 atau thitung ˃ ttabel dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan media komik matematika dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi lambang bilangan romawi di kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

PENERAPAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA INSAN QUR’ANI ACEH BESAR TAHUN 2017/2018 (Risa Khairiyah, 2019)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PEMBELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI PENDELKATAN MATEMATIKA REALISTIK DIKELAS II SDN COT MEURAJA ACEH BESAR (herlin fitria, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy