Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR RNMENGGUNAKAN MEDIA KIT MATEMATIKA RNDI KELAS III A SEKOLAH DASAR RNNEGERI 16 BANDA ACEH
Pengarang
Nurhanif - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104040159
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Keliling Dan Luas, Bangun Datar, Media KIT Matematika.
Penelitian ini berjudul Pembelajaran Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Media KIT Matematika di Kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Media KIT Matematika dapat Menunjang Pembelajaran pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui apakah penggunaan media KIT Matematika dapat menunjang pembelajaran pada materi bangun datar di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh”. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IIIA pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui tes. Data tes hasil belajar digunakan sebagai alat evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan siswa khususnya materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Setelah data diolah dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa x ? = 70,88. dengan taraf signifikannya yaitu ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 30. Dari nilai tersebut diperoleh t_tabel = 1,70 sehingga diperoleh t_hitung yaitu 1,88 karena t_hitung > t_tabel yaitu 1,88 > 1,70. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media KIT matematika dapat menunjang pembelajaran pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (TUTIA FITRI, 2019)
KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI KRUENG ALEM NAGAN RAYA (Susi Susanti, 2020)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)
PENERAPAN MEDIA PERSEGI SATUAN DALAM PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Fahmi, 2018)
IMPLEMENTASI MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN GUE GAJAH KAB. ACEH BESAR (NURUL RAHMI, 2020)