PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR RNMENGGUNAKAN MEDIA KIT MATEMATIKA RNDI KELAS III A SEKOLAH DASAR RNNEGERI 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR RNMENGGUNAKAN MEDIA KIT MATEMATIKA RNDI KELAS III A SEKOLAH DASAR RNNEGERI 16 BANDA ACEH


Pengarang

Nurhanif - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040159

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Keliling Dan Luas, Bangun Datar, Media KIT Matematika.
Penelitian ini berjudul Pembelajaran Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Media KIT Matematika di Kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Media KIT Matematika dapat Menunjang Pembelajaran pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui apakah penggunaan media KIT Matematika dapat menunjang pembelajaran pada materi bangun datar di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh”. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IIIA pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui tes. Data tes hasil belajar digunakan sebagai alat evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan siswa khususnya materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Setelah data diolah dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa x ? = 70,88. dengan taraf signifikannya yaitu ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 30. Dari nilai tersebut diperoleh t_tabel = 1,70 sehingga diperoleh t_hitung yaitu 1,88 karena t_hitung > t_tabel yaitu 1,88 > 1,70. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media KIT matematika dapat menunjang pembelajaran pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 16 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK