//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPNEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Taufik hidayat - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
THEMATIC
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Pendidikan adalah hal yang mendasar dalam kehidupan. Model Pembelajaran Tematik merupakan Pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran termasuk salah satu tipe dari model pembelajaran terpadu. Istilah pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. SMPN 1 Samadua menerapkan pembelajaran terpadu pada pelajaran IPS terpadu. Namun dalam pelaksanaannya masih melaksanakan pembelajaran secara terpisah. Oleh karena itu perlu suatu langkah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran tematik pada mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran Tematik, mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Tematik dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa beserta respon siswa terhadap model pembelajaran Tematik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Samadua Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 orang siswa yang diambil dengan cara purposive sampling, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Samadua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Fitria Mustika, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013)

PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Ellysa Putri, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. (Ryan Nova Pahlawan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy