//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL REKORDER RNMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RNKOOPERATIF TIPE LT (LEARNING TOGETHER) RNDENGAN MODEL KONVENSIONAL DI SMP RNNEGERI I BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang hulaifah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, ansambel Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Musik Ansambel Recorder menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe LT (Learning Together) dengan Model Konvensional di SMP Negeri 1 Banda Aceh”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa dari penerapan model kooperatif tipe LT dengan Konvensional pada materi musik ansambel rekorder. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan model kooperatif tipe LT dengan model konvensional pada materi musik ansambel rekorder di SMPN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII7 dan VIII5 SMPN 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji tes praktik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, sebelum melakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan beberapa uji data, yaitu uji homogenitas sampel, uji homogenitas variansi, dan uji normalitas. Dari perhitungan statistik uji homogenitas sampel, uji homogenitas variansi terbukti bahwa kemampuan dan variansi dari kedua sampel tersebut homogen (sama). Serta hasil dari uji normalitas juga membuktikan bahwa data yang disajikan berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t, dari hasil uji t tersebut dipeoleh thitung = 8,49 sedangkan ttabel = 2,006. Berarti bahwa thitung > ttabel (8,49 > 2,006), maka sesuai dengan hipotesis yang diajukan dengan ketentuan: “kriteria pengujian yang berlaku adalah terima Ho jika –t1-1/2α < t < t1-1/2α dan dalam hal lain H0 ditolak”. Dalam hal ini berarti thitung berada pada daerah tolak H0, dengan demikian dapat dibuktikan bahwa perbandingan hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan model kooperatif tipe LT berbeda dengan hasil belajar yang diperoleh menggunakan model konvensional. Perbedaan nilai tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata akhir kedua sampel yaitu pada kelas yang menggunakan model LT memperoleh nilai 89,9 sedangkan kelas konvensional memperoleh nilai 83,4 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model LT lebih baik daripada menggunakan model konvensional.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Zulikhwan Adiguna, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (saras mita, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK (Iqbal Khadafi Phonna, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy