Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH
Pengarang
LISA RAMADHANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103060045
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Perbandingan, Ketuntasan Hasil Belajar.
Pembelajaran Kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, salah satunya adalah tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah suatu pembelajaran kooperatif yang memberikan lebih banyak waktu untuk siswa berpikir (think) secara individu, kemudian secara berpasangan (pair), dan berbagi (share) dengan seluruh siswa dalam kelas. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi perbandingan dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh pada materi perbandingan melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Adapun metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study (pre-eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penlitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh yaitu sebanyak 5 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel hanya satu kelas yaitu kelas VII-5 sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar ditambah dengan data pendukung seperti observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV
SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
PKN SISWA PADA MATERI PARTISIPASI DALAM USAHA
PEMBELAAN NEGARA DI KELAS IX SMP
NEGERI 2 RANTAU SELAMAT (Jamilah, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN (Wilda Aslita, 2014)