//

PENERAPAN BAHAN AJAR HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMAN 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Imanda - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: handout, hasil belajar, aktivitas belajar siswa (i) Telah dilakukan penelitian tentang penerapan bahan ajar handout pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa (i) di SMAN 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa (i) kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen (menggunakan handout) dengan jumlah siswa (i) 26 dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol (tanpa menggunakan handout) berjumlah 24 siswa (i). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa (i) untuk mengukur aktifitas siswa (i) ketika proses belajar mengajar dan hasil belajar dengan menggunakan soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis aktivitas belajar siswa (i) diperoleh persentase rata-rata di kelas kontrol pada pertemuan I yaitu 57,50% dan pada pertemuan II yaitu 57,50% termasuk dalam kategori kurang baik. Pertemuan I di kelas eksperimen diperoleh persentase rata-rata yaitu 82,75% dan pertemuan II yaitu 90,75% termasuk dalam kategori sangat baik. Analisis untuk melihat ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa (i) kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan statistik uji-t yang terlebih dahulu diuji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil pengujian data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,11 dan ttabel = 2,02 pada α 5%, jadi thitung ≥ ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Proses belajar mengajar dengan menggunakan bahan ajar handout efektif digunakan, sebaiknya dalam mengajarkan materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan bahan ajar handout.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Winda Amelia, 2015)

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DIKELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Dara khaliza zia, 2015)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (Nur Akmalia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy