//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI RNTARI DAERAH SETEMPAT (TARI LIKOK PULO) MELALUI RNPENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION RNDI SMP NEGERI 2 TANGAN-TANGAN RNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ORIZA SATIVA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
DANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation. Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Tari Daerah Setempat (Tari Likok Pulo) Melalui Penerapan Model Group Investigation di SMP Negeri 2 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Peningkatan prestasi belajar seni budaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi tari daerah setempat di SMP Negeri 2 Tangan-Tangan, nilai ketuntasan yang diperoleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dan respon siswa setelah proses pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi. Data dalam penelitian ini diolah dengan teknik persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar, aktifitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang baik (2,54), ketuntasan belajar siswa sebesar 55,17% pada tingkat nilai rata-rata 66,38. Sedangkan pada siklus II aktifitas siswa mencapai kategori baik (4,24), hasil belajar siswa mengalami peningkatan kategori baik (4,00), ketuntasan siswa menjadi 82,76% dengan nilai rata-rata 75,17. Adapun respon siswa setelah proses pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sangat positif, dimana sangat setuju (33,79%), setuju (45,17%), netral (17,24%), tidak setuju (2,41%), dan sangat tidak setuju (1,37%) dengan item-item yang direspon oleh siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TARI LIKOK PULODI SMA NEGERI 1 RANTO PEUREULAK ACEH TIMUR (Gusni Alvionita, 2017)

PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI LIKOK PULO PADA SISWA TUNA RUNGU DI SMPLB ANEUK METUAH KOTA JANTHO (ZILFA RIZKI, 2019)

PROSES PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL LIKOK PULO PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP METHODIST BANDA ACEH (MEUTIA HESTI PALDANA, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zulkifli, 2015)

IMPLEMENTASI MODEL PAKEM DALAM PEMBELAJARAN TARI LIKOK PULO DI MTSN 1 BIREUEN (Cut Musliana, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy