PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI RNTARI DAERAH SETEMPAT (TARI LIKOK PULO) MELALUI RNPENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION RNDI SMP NEGERI 2 TANGAN-TANGAN RNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI RNTARI DAERAH SETEMPAT (TARI LIKOK PULO) MELALUI RNPENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION RNDI SMP NEGERI 2 TANGAN-TANGAN RNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

ORIZA SATIVA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102030121

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK



Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation.

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Tari Daerah Setempat (Tari Likok Pulo) Melalui Penerapan Model Group Investigation di SMP Negeri 2 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Peningkatan prestasi belajar seni budaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi tari daerah setempat di SMP Negeri 2 Tangan-Tangan, nilai ketuntasan yang diperoleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dan respon siswa setelah proses pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi. Data dalam penelitian ini diolah dengan teknik persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar, aktifitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang baik (2,54), ketuntasan belajar siswa sebesar 55,17% pada tingkat nilai rata-rata 66,38. Sedangkan pada siklus II aktifitas siswa mencapai kategori baik (4,24), hasil belajar siswa mengalami peningkatan kategori baik (4,00), ketuntasan siswa menjadi 82,76% dengan nilai rata-rata 75,17. Adapun respon siswa setelah proses pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sangat positif, dimana sangat setuju (33,79%), setuju (45,17%), netral (17,24%), tidak setuju (2,41%), dan sangat tidak setuju (1,37%) dengan item-item yang direspon oleh siswa.


















Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK