//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN TUTOR SEBAYA RN(SUATU TINJAUAN PADA SISWA KELAS II SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Farhati - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Hasil belajar, pendekatan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) , tutor sebaya. Penelitian ini berjudul “Perbedaan hasil belajar fisika yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) dan tutor sebaya suatu tinjauan pada siswa kelas II SMP Negeri 18 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika pada materi pesawat sederhana yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) dan tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada materi pesawat sederhana yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) dan tutor sebaya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 132 orang. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 53 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara Purposive sampling melalui wawancara dengan wali kelas dan guru fisika. Penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal,tes akhir dan pengolahan data menggunakan statistik uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh terdapat perbedaan hasil belajar fisika pada materi pesawat sederhana yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dan tutor sebaya. Penyataan tersebut dibuktikan dengan nilai data hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai untuk thitung sebesar 0,96 pada taraf kepercayaan 95% atau pada α = 5% untuk ttabel sebesar 2,00. Dengan demikian -ttabel < t hitung < ttabel yaitu -2,00 < 0,96 < 2,00 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika pada materi pesawat sederhana yang diajarkan dengan Reciprocal Teaching terdapat perbedaan dengan yang diajarkan dengan tutor sebaya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 BUBON (Suniana, 2016)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING DIPADU DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMAN 8 BANDA ACEH (Thiya Zulfira, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy