//

BENTUK PELAMINAN ACEH PIDIE DI KAMPONG GAROT KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sajida Mainur - Personal Name
SubjectMARRIAGE - CUSTOMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: bentuk, pelaminan, Aceh Pidie. Penelitian yang berjudul “Bentuk Pelaminan Aceh Pidie di kampong Garot Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Pidie” ini mengangkat masalah bagaimanakah bentuk pelaminan Aceh Pidie. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk pelaminan Aceh Pidie. Sumber data dan Lokasi dalam penelitian ini adalah Tokoh masyarakat yang mengerti bentuk pelaminan Aceh Pidie,dan tokoh masyarakat yang memproduksi kasab pelaminan Aceh Pidie. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi, data display, data verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan pelaminan Aceh Pidie di kampong Garot Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Pidie adalah satu-satunya pelaminan yang masih menjaga keasliannya. Struktur bentuknya memiliki 20 unsur di dalam strukturnya yaitu tabeng (tabing), langet-langet (langit-langit), biku-biku (rumbai biku), rangka, ayu-ayu (rumbai ayu), sepre bangku (seprei bangku), tiang, boh kelambu (buah kelambu), pinto gadong (pintu gadung), dalansi (kain belakang), tika duek (tikar duduk), guleng tampok (guling panjang), aneuk tangga (anak tangga), dasi, bantai kursi (bantal kursi), seuhab (lapisan hidang), kipah (kipas), ayu-ayu daloeng (rumbai-rumbai hidang) dan tutup daloeng (tutup hidang). Diantara 20 unsur ini, ada yang sudah jarang digunakan, salah satunya adalah Guleng tampok, bahkan ada beberapa yang tidak digunakan lagi atau sudah hilang, seperti tirai-tirai atap, boh kelambu dan langet-langet. Warna yang terdapat di dalam pelaminan ini adalah warna merah, kuning, hijau, dan hitam.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JARINGAN AIR MINUM UNTUK KAWASAN ZONA PRIORITAS BERDASARKAN RISPAM KABUPATEN PIDIE (GERAL MIDYEN, 2019)

PRODUKSI DAN PEMASARAN KASAB DI KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE (LISA ASRIANI, 2020)

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA MADRASAH MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MIN GAROT KABUPATEN PIDIE (Suria Setiawan, 2018)

PROSES PEMBUATAN KUPIAH MEUKEUTOP DI DESA GAROT CUT KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE (Nurlisma, 2018)

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Reza rizki, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy