//

PENGARUH PEMBERIAN MINYAK JELANTAH (WASTE COOKING OIL) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wardiati S - Personal Name
SubjectHISTOPATHOLOGY
ANIMAL DISEASES - VETERINARY MEDICINE
KIDNEYS - DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh minyak jelantah terhadap gambaran histopatologi ginjal tikus putih (Rattus norvegicus) akibat pemberian minyak jelantah 3x, 6x, dan 9x penggorengan. Penelitian ini menggunakan 20 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan dengan berat badan ±300 g. Tikus dikelompokkan menjadi 4 kelompok perlakuan, lalu diadaptasikan selama satu minggu, dengan pemberian pakan dan minum secara ad libitum. Minggu kedua sampai minggu ke delapan tikus diberi minyak jelantah per oral setiap hari dengan dosis 1 ml. Kelompok 1 tikus diberi minyak goreng curah (kontrol negatif). Kelompok 2, 3, dan 4 diberikan minyak jelantah 3x, 6x, dan 9x penggorengan. Hari ke 60 tikus dieutanasia, kemudian dinekropsi. Diambil organ ginjal dan dimasukkan ke dalam Buffered Neutral Formalin (BNF) untuk fiksasi, selanjutnya dilakukan proses pembuatan preparat histopatologi. Parameter yang diamati adalah gambaran hemoragi, tubulus nekrosis, dan glomerulus bengkak. Hasil pemeriksaan dikelompokkan dalam 3 kategori yaitu, ringan, sedang, dan berat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terlihat peningkatan jumlah hemoragi, tubulus nekrosis, dan glomerulus bengkak pada ginjal akibat dari penggorengan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minyak jelantah dapat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HISTOPATOLOGI JANTUNG DAN OTAK BESAR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) AKIBAT PEMBERIAN MINYAK JELANTAH (Eko Karunia Friyan, S.kh, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN MINYAK JELANTAH TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI USUS DAN PANKREAS TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Ade Mustika, 2014)

HISTOPATOLOGI JANTUNG DAN OTAK BESAR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) AKIBAT PEMBERIAN MINYAK JELANTAH (EKO KARUNIA FRIYAN, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Adriani. H, 2016)

EFEK PEMBERIAN MINYAK JELANTAH TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HATI DAN LIMPARNTIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Dessy Florenstina Br. G, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy