//

PERKEMBANGAN MOTIF KERAJINAN SULAM BENANG EMAS DI DESA KUTA KUMBANG KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HASMANIDAR - Personal Name
SubjectEMBROIDERY - ARTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Perkembangan Motif Kerajinan Sulam Benang Emas di Desa Kuta Kumbang Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan teknik, bentuk, dan pola motif yang digunakan dalam sulaman benang emas di Desa Kuta Kumbang Kecamatan seunagan Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan teknik, bentuk, dan pola pada motif sulaman benang emas di Desa Kuta Kumbang Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengrajin sulaman benang emas yang berkediaman di Desa Kuta Kumbang yang berjumlah 6 orang yang bernama Jasmaniar sebagai ketua, Eli, Ismi, Nopa, Siti, Aini. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan tentang teknik, dari teknik jahit mesin menjadi teknik jahit tangan, bentuk, dari bentuk binatang menjadi bentuk bunga dan daun dan pola, dari pola karton yang dipahat menjadi pola dari kertas dan karbon. Pada sulaman benang emas di Desa Kuta Kumbang, dari sulaman benang emas halus (slengkang) menjadi sulamang benang emas kasar (gim). Jadi dapat disimpulakan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat perubahan baik disegi teknik, bentuk dan pola motif yang digunakan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

USAHA KERAJINAN MENGHIAS SANGE DALAM MENAMBAH PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LHONG CUT KECAMATAN BANDA RAYA BANDA ACEH (Putri Irayani, 2016)

PERKEMBANGAN THARIQAT SYATTARIYAH DI DESA PEULEKUNG KECAMATAN SENAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA, 1972-2014 (Hasan Basri, 2016)

PERKEMBANGAN BENTUK DAN MOTIF PADA KERAJINAN TAS DI GAMPONG DAYAH DABOH KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR (Annisa, 2016)

PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF SULAMAN BENANG MAS DI DESA LAGANG KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE (Rahmawati, 2016)

KERAGAMAN REPRODUKSI KERBAU LOKAL BETINA PADA KONDISI PETERNAKAN RAKYAT DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (MUTAWALLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy