//

ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA DAYA SERAP SISWA TERHADAP MATERI KIMIA DI SMA DAN MA SEKITAR KAMPUS UNSYIAH KECAMATAN DARUSSALAM DAN SEKITARNYA PADA UJIAN NASIONAL (UN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Wilyta - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang “Analisis Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa Terhadap Materi Kimia di SMA dan MA Darussalam termasuk Aceh Besar pada Ujian Nasional (UN)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya daya serap siswa pada materi kimia yang sukar dikuasai saat UN yaitu asam basa, termokimia, hasilkali kelarutan (Ksp) dan korosi serta upaya guru dalam memperbaiki proses pembelajaran kimia pada materi tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah guru kimia berjumlah 16 orang dan siswa kelas XII berjumlah 84 orang yang berasal dari SMAN 5 Banda Aceh, SMAN 1 Krueng Barona Jaya, SMAN 1 Baitussalam, MA Rukoh, dan MA Darussalam yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, 28,23% siswa kesulitan dalam menganalisis tabel pada materi asam basa, 38,82% siswa kesulitan dalam melibatkan multikonsep kimia pada materi termokimia, 40,00% siswa kesulitan dalam menentukan kelarutan zat dalam larutan yang mengandung ion senama pada materi Ksp, 38,82% kesulitan siswa karena melibatkan multikonsep kimia pada materi korosi. 37,35% guru kesulitan dalam menganalisis tabel pada materi asam basa, 46,67% guru kesulitan dalam melibatkan multikonsep kimia pada materi termokimia, 46,67% guru kesulitan dalam menentukan kelarutan zat dalam larutan yang mengandung ion senama pada materi Ksp, dan 53,33% guru kesulitan dalam melibatkan multikonsep kimia pada materi korosi. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran pada materi kimia adalah melakukan pembenahan dalam proses pembelajaran, mengaktifkan kegiatan MGMP, memberikan latihan dan penyelesaian soal, dan mengadakan pengayaan untuk materi yang sukar dikuasai oleh siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN UJIAN SEKOLAH DAN TRY OUT TERHADAP PENCAPAIAN NILAI UJIAN NASIONAL PELAJARAN MATEMATIKA DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN 2018/2019 (Zulfahmi, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA SISWA KELAS V SDN 20 BANDA ACEH (CUT EVA SATIFAH, 2014)

KORELASI NILAI UJIAN AKHIR SEKOLAH DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XII-IA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (fitri yunita, 2014)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN KAMPUS PROGRAM DI LUAR DOMISILI UNSYIAH BLANGKEJEREN ( SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN PUTRI BETUNG ) (Erna Fauzia, 2017)

HUBUNGAN NILAI UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH I BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ikhsan Jailani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy