PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPRNDAN RETENSI MAHASISWA DI UNIVERSITASRNMUHAMMADIYAH BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPRNDAN RETENSI MAHASISWA DI UNIVERSITASRNMUHAMMADIYAH BANDA ACEH


Pengarang

RUFA HERA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200150007

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan handout embriologi berbasis kontekstual, menjaring kelayakan handout, serta melihat pemahaman konsep dan retensi mahasiswa terhadap materi embriologi dengan adanya penggunaan handout pada perkuliahan Perkembangan Hewan. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei-Juli 2014. Metode yang digunakan dalam pengembangan handout adalah metode Research and Development dengan model pengembangan Three D yang diadaptasi dari model pengembangan four D sedangkan metode yang digunakan untuk melihat pemahaman konsep dan retensi adalah metode pre-experimental dengan One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Muhammadiyah Banda Aceh berjumlah 95 orang. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Perkembangan Hewan berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout embriologi berbasis kontekstual memenuhi kriteria validasi sangat baik dengan persentase validasi 89,73% dan masuk kategori kelayakan sangat layak dengan persentase kelayakan 87,05. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penggunaan handout pada perkuliahan Perkembangan Hewan dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa berkisar antara 66% sampai 83%, serta mampu mempertahankan retensi mencapai nilai persentase retensi 85% dengan kriteria retensi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa handout pembelajaran embriologi berbasis kontekstual hasil pengembangan sangat layak digunakan untuk perkuliahan Perkembangan Hewan dan penggunaan handout embriologi berbasis kontekstual hasil pengembangan mampu meningkatkan pemahaman konsep serta mempertahankan retensi mahasiswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Handout, Embriologi, Kontekstual, Pemahaman Konsep, Retensi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK