EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG DILAKSANAKAN OLEH GURU-GURU PADA SMAN UNGGUL KOTA SIGLI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG DILAKSANAKAN OLEH GURU-GURU PADA SMAN UNGGUL KOTA SIGLI


Pengarang

FARIDAH ANIM - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200050025

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : prog. studi magister administrasi pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN
YANG DILAKSANAKAN OLEH GURU-GURU
PADA SMAN UNGGUL KOTA SIGLI


Oleh : Faridah Anim
NIM : 1209200050025


Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd
2. Dr. Djailani AR, M.Pd

ABSTRAK
Manajemen Pembelajaran sangant pentingdalam proses pembelajaran, berhasil atau tidaknya seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan manajemen yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru, pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan oleh guru-guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancaradan Studi Dokumentasi. Prosedur analisis data adalah Reduksi Data, Display Data, dan Verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru mata pelajaran yang masuk dalam ujian nasional semua telah mengikuti prosedur pembelajaran yang ditetapkan. (3)evaluasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar telah dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran yang telah dilaksanakan berhasil atau belum. Jika ternyata sudah berhasil, maka materi berikut berikutnya akan dilanjutkan pada kesempatan berikutnya. Sebaliknya, jika ternyata materi yang diberikan belum dikuasai siswa, maka guru akan melaksanakan remedial sampai semua materi yang ditetapkan dalam RPP dapat dikuasai oleh siswa.

Kata kunci: Efektivitas dan Manajemen Pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK