Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG DILAKSANAKAN OLEH GURU-GURU PADA SMAN UNGGUL KOTA SIGLI
Pengarang
FARIDAH ANIM - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200050025
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : prog. studi magister administrasi pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN
YANG DILAKSANAKAN OLEH GURU-GURU
PADA SMAN UNGGUL KOTA SIGLI
Oleh : Faridah Anim
NIM : 1209200050025
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd
2. Dr. Djailani AR, M.Pd
ABSTRAK
Manajemen Pembelajaran sangant pentingdalam proses pembelajaran, berhasil atau tidaknya seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan manajemen yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru, pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan oleh guru-guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancaradan Studi Dokumentasi. Prosedur analisis data adalah Reduksi Data, Display Data, dan Verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru mata pelajaran yang masuk dalam ujian nasional semua telah mengikuti prosedur pembelajaran yang ditetapkan. (3)evaluasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar telah dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran yang telah dilaksanakan berhasil atau belum. Jika ternyata sudah berhasil, maka materi berikut berikutnya akan dilanjutkan pada kesempatan berikutnya. Sebaliknya, jika ternyata materi yang diberikan belum dikuasai siswa, maka guru akan melaksanakan remedial sampai semua materi yang ditetapkan dalam RPP dapat dikuasai oleh siswa.
Kata kunci: Efektivitas dan Manajemen Pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi
“AN ANALYSIS OF REFLECTIVE TEACHING JOURNAL ABOUT CLASSROOM MANAGEMENT (CM) BY STUDENTS’ TEACHERS IN THEIR PRACTICE OF TEACHING INTERNSHIP” (INTANI RATU MAULINA, 2021)
USING INDONESIAN IN TEACHING ENGLISH (A QUALITATIVE STUDY AT SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM, GREAT ACEH) (Dara Meirita, 2016)
TEACHERS’ IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN TEACHING ENGLISH FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A CASE STUDY AT STATE SENIOR HIGH SCHOOLS IN LHOKSEUMAWE) (HALAWATIL IMAN, 2021)
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI UNGGUL SIGLI (Misra Ameliya, 2022)
PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (Nurfaizah, 2017)