//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewiana - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe NHT, Masalah Sosial. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Masalah Sosial di Kelas IV SD Negeri 40 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri 40 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan bersifat eksperimen semu yaitu menerapkan materi pada satu kelas, design yang digunakan yaitu design one-shot case study (metode pre-eksperimen) dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT. Teknik analisis data menggunakan uji t. Soal dalam bentuk choise yang berjumlah 20 soal dengan total skor 100. Perangkat penelitian yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest sebelum penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri 40 Banda Aceh. Pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n - 1), dk = 24 - 1 = 23, maka distribusi t dengan t1-α(dk) = t1-0,05 (23) = t0,95 (23) sehingga diperoleh t0,95(23) = 1,71. Dengan demikian diperoleh t hitung > ttabel yaitu 5,8 > 1,71. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, oleh karena itu hipotesis dalam penelitian ini yang mengatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi masalah sosial di SD Negeri 40 Banda Aceh dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi masalah sosial di kelas IV SD negeri 40 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Dewiana, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH (rauzatul husna, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy