//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROSDIANI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rosdiani. “Penerapan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Praktikum terhadap Kerja Ilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia di SMA Negeri I Sigli” dengan pembimbing Dr.Khairil,M.Si (Pembimbing I) dan Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd (Pembimbing (II) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kerja ilmiah dan penguasaan konsep sistem pencernaan manusia di SMA Negeri I Sigli. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Sigli semester dua sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa 240 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak atau random sampling sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas XI-IPA5 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas XI-IPA6 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis praktikum, sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa praktikum. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan kerja ilmiah dan penguasaan konsep terhadap siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran TGT berbasis praktikum dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa praktikum, dengan perbedaan keduanya pada taraf P < 0,05, t hitung = 3,290 > t tabel = 2,000 untuk kerja ilmiah, sedangkan untuk penguasaan konsep t hitung = 7,570 > t tabel = 2,000 Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis praktikum terhadap kerja ilmiah dan penguasaan konsep siswa pada konsep sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Praktikum, Kerja Ilmiah, Penguasaan Konsep, dan Sistem Pencernaan Manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 SABANG (Satria Hari Perdana, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN (ANWAR AR, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEPRNDAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWARNPADA KONSEP SISTEM REPRODUKSIRN MANUSIA DI SMA NEGERI 2 SIGLI (AZHARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy