//

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEPRNDAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWARNPADA KONSEP SISTEM REPRODUKSIRN MANUSIA DI SMA NEGERI 2 SIGLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AZHARI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Azhari. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pengguasaan Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Di SMA Negeri 2 Sigli. Tesis. Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd, Pembimbing II. Dr. Rini Safitri, MSc. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada sistem reproduksi manusia.; (2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia; (3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sigli dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the one group pre-test and pos-test.. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 orang. Sampel diambil siswa kelas XI-B yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai thiting= 17,74 > ttabel =2,045 antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah, (2) terdapat perbedaan skor keterampilan metakognitif siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai thiting= 16,76 > ttabel =2,045 antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah; (3) 89%,siswa mengemukakan pandangan yang baik terhadap pembelajaran berbasis masalah pada konsep reproduksi manusia. Dapat disimpulkan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada konsep sistem reproduksi manusia , (2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia, (3) Hampir seluruh siswa berpandangan model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran baru yang dapat membuat mereka tertarik untuk mempelajari konsep sistam reproduksi manusia. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Penguasaan Konsep Siswa, Keterampilan Metakognitif Siswa, Sistem Reproduksi Manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RNTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KERJA ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN RNMANUSIA DI SMA NEGERI I SIGLI (ROSDIANI, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy