//

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMP 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang yenni rosiana - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model Pembelajaran Active Learning, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini membahas tentang: Bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran aktif (Active Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SMP 4 Banda aceh. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rumusan masalah:(1).Apakah Penerapan Pembelajaran Aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.(2).Apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran PKn di SMP 4 Banda Aceh. (3). Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan:(1).Untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pendekatan Active Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa.(2).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.(3).Untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran PKn dengan penerapan pendekatan Active Learning. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PKn yang berjumlah 2 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan Pendekatan Active Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran, khususnya materi PKn melalui diskusi kelompok ataupun debat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 4 Banda Aceh sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena dalam pembelajaran siswa dapat terlibat secara langsung, bekerjasama dan saling berinteraksi dengan yang lainnya. Kesimpulan penelitian: (1).Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Active Learning dalam proses pembelajaran PKn di SMP 4 Banda Aceh.(2).Adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari proses pembelajaran berlangsung lebih efektif dan lebih memberdayakan potensi peserta didik. (3). Respon siswa dalam pembelajaran sangat baik, adanya pembelajaran yang menyenangkan, dengan adanya kekompakan dan keharmonisan di antara siswa. Saran dari penelitian ini adalah:(1).Guru diharapkan mampu membimbing dan memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dapat mengantarkan peserta didik pada kualitas pembelajaran yang diharapkan.(2).Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas dan sarana penunjang pendidikan, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara maksimal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Dian Amalia, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy