//

KOMPOSISI IKAN KARANG DI PERAIRAN KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Heriadi - Personal Name
SubjectFISH - ZOOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Ikan karang merupakan salah satu sumber daya penting dan organisme terbanyak pada ekosistem terumbu karang. Kabupaten Aceh Selatan adalah salah satu kawasan yang memiliki ekosistem terumbu karang di Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan keanekaragaman ikan karang sebagai kajian kondisi ekosistem terumbu karang di kawasan perairan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian dilakukan di Perairan Kabupaten Aceh Selatan pada bulan September-Oktober 2013. Lokasi penelitian dilakukan pada 8 stasiun. Pengamatan dilakukan pada kedalaman 5 meter dan 10 meter. Pencatatan data ikan karang dilakukan dengan metode underwater visual census menggunakan transek belt. Panjang transek yang digunakan yaitu 150 meter. Terdapat 12.962 individu yang terdiri dari 156 spesies dan 31 famili ikan karang yang ditemukan. Komposisi ikan karang yang jumlahnya paling banyak ditemukan yaitu famili Pomacentridae, Balistidae, dan Caesionidae. Kelimpahan ikan karang berkisar antara 0,24 individu/m2 – 3,98 individu/m2. Keragaman ikan karang berkisar antara 1,95 – 3,60 termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Keseragaman ikan karang berkisar antara 0,52 – 0,88 termasuk dalam kategori stabil. Kata kunci: Ikan karang, underwater visual census, Aceh Selatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI TEMPORAL KOMUNITAS IKAN KARANG PADA PERAIRAN PANTAI KRUENG RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Siti Nur Fajri, 2017)

KEANEKARAGAMAN IKAN KARANG DI PERAIRAN DESA ULEE KAREUNG KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN (Muhammad Redha Subki, 2018)

KELIMPAHAN IKAN HERBIVORA DAN REKRUT KARANG DI PERAIRAN ACEH BESAR (indra, 2014)

KEANEKARAGAMAN IKAN KARANG DI KAWASAN LAUT LHOK SEUDU DESA LAYEUN KAPUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Ikhsan, 2015)

KOMPOSISI EPIFAUNA BERDASARKAN SUBSTRAT DASAR PERAIRAN DI KAWASAN PESISIR KECAMATAN TAPAKTUAN DAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN (Gita viadanti . A, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy