//

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Raisa - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
INTERACTIVE MULTIMEDIA
PHYSICS-TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan implementasi multimedia interaktif; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam implementasi multimedia interaktif selama pembelajaran berlangsung; (3) Keterampilan guru mengelola pembelajaran; dan (4) Respons siswa terhadap pembelajaran dengan implementasi multimedia interaktif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru mengelola pembelajaran, dan angket respons siswa terhadapat pembelajaran dengan implementasi multimedia interaktif yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan multimedia interaktif meningkat secara individual dan klasikal. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual dari 20 siswa, siklus I ada 6 siswa yang belum tuntas, siklus II ada 4 siswa yang belum tuntas, dan siklus III hanya 2 siswa yang belum tuntas. Ketuntasan klasikal siklus I 30 persen, siklus II 60 persen, dan meningkat pada siklus III mencapai 90 persen; (2) Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus III terjadi peningkatan. Hal ini dilihat pada siklus III semua aspek yang diamati telah sesuai dengan ketentuan waktu ideal; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan implementasi multimedia interaktif meningkat dari 2,60 menjadi 2,855 dengan kategori baik; dan (4) Respons siswa terhadap pembelajaran dengan implementasi multimedia interaktif pada materi energi dan usaha menunjukkan bahwa 100% siswa mengatakan pembelajaran ini baru; siswa mengatakan multimedia interaktif itu menarik sebanyak 85%; siswa memahami materi 85%; siswa merasa materi menarik, evaluasi baik, suasana kelas menyenangkan dan guru mengajar dengan menarik 91,25%. Selanjutnya, siswa berminat untuk mengikuti proses pembelajaran dengan implementasi multimedia interaktif sebanyak 100%. Selain itu, 90% siswa juga berpendapat bahwa dengan implementasi multimedia interaktif ini dapat memperjelas pemahaman siswa terhadap materi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA ANIMASI DAN MULTIMEDIA GRAFIS PADA RNSUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DI KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH (SITI RACHMAH, 2014)

RANCANG BANGUN APLIKASI E-PRüFER SEBAGAI E-LEARNING ALGORITMA PRüFER (Al Aiyub, 2014)

PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN INTEGRAL KELAS XII MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Irsa Fitra Nuzulia, 2015)

PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAPAT MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA RN DI KELAS V SD NEGERI 7 TEUPAH BARAT (Virga Anantha, 2014)

MEDIA PEMBELAJARAN DASAR TAJWID UNTUK PEMBINANAAN MENTORING MAHASISWA UP3AI UNSYIAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH 6 PROFESSIONAL (Amar Yazid Zofa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy