PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS X DI SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS X DI SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Pengarang

Rahmiati Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103080008

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : pendekatan saintifik, hasil belajar, hakikat ilmu kimia.
Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Hakikat Ilmu Kimia Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X Di SMAN 1 Unggul Baitussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IA-1 yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 2 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi sikap siswa, lembar penilaian keterampilan LKPD, soal tes pilihan ganda, lembar aktivitas, dan angket tanggapan siswa tentang proses pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi hakikat ilmu kimia mencapai 90,91%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 3,1 dengan kategori baik. Persentase respon siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik sebesar 62,10%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa tuntas secara klasikal melalui penggunaan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran materi hakikat ilmu kimia. Aktivitas siswa baik dan respon siswa setuju terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK