Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH
Pengarang
JULIYANTI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104090087
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci:Kemampuan siswa, menggunakan media audio visual, mengarang
cerpen.
Penelitian yang berjudul “Perbedaan kemampuan mengarang cerpen siswa
dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio
visual pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Aceh”.
Permasalahandalampenelitianini adalahBagaimanakemampuansiswa yang
menggunakan media audio visual dan tanpamenggunakan media audio visual
padasiswakelas V SDIT Al-FityanSchool Aceh, dan
apakahterdapatperbedaanmengarangcerpensiswa yang menggunakan media audio
visual dantanpamenggunakan media audio visual padasiswakelas V SDIT Al-
FityanSchoolAceh.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikemampuansiswa yang
menggunakan media audio visual dantanpamenggunakan media audio visual
padasiswakelas V SDIT Al-FityanSchool Aceh.dan
untukmengetahuiperbedaankemampuanmengarangcerpensiswadenganmenggunak
an media audio visual dantanpamenggunakan media audio visual padasiswakelas
V SDIT Al-FityanSchool Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang
berjumlah 26 orang yang terbagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol yang masing-masing kelompok berjumlah 13 orang. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data
menggunakan teknik statistik uji beda t-tes. Berdasarkan hasil uji beda
menunjukkan bahwa kemampuan mengarang cerpen siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual
diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,02 pada taraf signifikan 0,05 dan nilai t-tabel
sebesar 1,71 maka t-hitung > t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan antara hasil belajar mengarang cerpen siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media audio visual dengan siswa tanpa menggunakan media audio
visual. Dari kesimpulan tersebut dapat dikatakan bahwahasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan media audio visual lebih baik dengan siswa tanpa
menggunakan media audio visual di kelas V SDIT Al-Fityan School Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
THE USE OF AUDIO VISUAL MEDIA IN TEACHING SPEAKINGRN(A PRE-EXPERIMENTAL STUDY AT SMP BUSTANUL ARIFIN BENER MERIAH) (Feri Kurniawan, 2015)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Devi Susandi, 2018)
PERBEDAAN MINAT BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL, AUDIO DAN AUDIOVISUAL DI SMP N 2 SEULIMEUM (Agusliana, 2018)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)