//

kompetensi guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang suryani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHERS-COMPETENTION
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kompetensi Guru, Perangkat Pembelajaran Penelitian ini membahas tentang: Kompetensi Guru PKn dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Di SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah guru PKn sudah memiliki kompetensi dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah Guru PKn sudah memiliki kompetensi dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam kota Banda Aceh. (2) Bagaimana Guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam kota Banda Aceh. (3) Apakah hambatan yang dihadapi guru dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kompetensi guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam kota Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui cara Guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh, dan (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah: 11 guru PKn dari 5 SMP Negeri yang ada dalam Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran di SMP Negeri dalam kota Banda Aceh secara umum sudah sangat baik. Hal ini tampak jelas terlihat dari keseriusan para guru PKn untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan agar tujuan yang diharapkan dalam proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Kompetensi guru dalam merancang perangkat pembelajaran sudah sangat baik, dimana para guru sudah mampu merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, hal ini tidak terlepas dari campur tangan pemerintah dan departemen pendidikan dalam memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap para guru, (2) Kemampuan guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari keseriusan para guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran jauh-jauh hari sebelum dimulainya proses belajar mengajar, dan (3) Dalam merancang perangkat pembelajaran ada kendala yang dihadapi oleh guru, yang menjadi kendala di sini adalah kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan media teknologi dalam merancang perangkat pembelajaran maupun dalam proses belajar mengajar, kemudian yang menjadi kendala lainnya yaitu karakter siswa yang berbeda-beda yang menyebabkan guru agak kesulitan dalam merancang perangkat pembelajaran maupun dalam proses belajar mengajar. Namun demikian, kendala ini dapat diatasi dengan adanya kerjasama antara guru-guru yang ada di sekolah. Saran dari penelitian ini adalah: (1) Kepada dinas pendidikan dan para pengambil kebijakan diharapkan agar dapat mendukung peningkatan kompetensi guru, terutama kompetensi guru PKn dalam merancang perangkat pembelajaran. (2) Kepada para guru PKn diharapkan dapat lebih meningkatkan lagi kompetensi dalam merancang perangkat pembelajaran agar pendidikan kedepannya semakin lebih baik lagi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBALAJARAN TEMATIK RNTERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR RNGUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH (Siti Hardiyanti, 2015)

ANALISIS TERHADAP PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU EKONOMI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (MAILINDA SAPRIANTI, 2021)

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 DAN MA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH. (Eva Murtisal, 2016)

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SERTIFIKASI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MATA IE KABUPATEN ACEH BESAR (Tivany Dwi Devita Sary, 2019)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH (AIDA IRWANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy