//

HUBUNGAN USIA DAN JENIS KELAMIN DENGAN KEJADIAN KATARAK PADA PENDERITA RNDIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. MAULIZAR AKBAR - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS
CATARACTS - EYE DISEASES
AGE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebutaan dan gangguan penglihatan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat dan kebutaan karena katarak dapat menyebabkan berkurangnya kualitas sumber daya manusia, hilangnya produktifitas dan juga biaya pengobatan yang sangat tinggi. Katarak merupakan kelainan mata yang di tandai dengan kekeruhan lensa akibat beberapa faktor, salah satunya adalah diabetes mellitus. Diabetes Mellitus merupakan suatu penyakit kronis yang merupakan suatu kumpulan gejala karena adanya peningkatan kadar gula darah secara terus menerus akibat kekurangan insulin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penderita katarak dan diabetes mellitus. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional yang menilai hubungan penderita katarak yang disertai diabetes melitus (DM) berdasarkan stadium dan usia pasien. Populasi penelitian adalah seluruh pasien katarak yang pernah dirawat di Poliklinik Mata Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh dalam periode Januari - Juni 2014 yang juga menderita DM. Pengambilan data dilakukan di Poliklinik Mata dan Instalasi Rekam Medik RSUDZA sesuai besar sampel yang sudah ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 128 pasien yang menderita katarak, didapatkan sebanyak 35 orang (27%) menderita DM dan 93 orang (73%) yang tidak menderita DM. Dari hasil uji statistik chi-square, didapatkan hubungan yang tidak signifikan antara usia ataupun jenis kelamin terhadap kejadian katarak pada penderita diabetes. Kata kunci: diabetes mellitus, katarak, usia, jenis kelamin,

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

HUBUNGAN KONTROL DIABETES MELITUS DENGAN KEJADIAN KATARAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FITRI MARDIA SARI SIREGAR, 2019)

HUBUNGAN BENIGNA PROSTAT HIPERPLASIA DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE-2 DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Erisa Aulia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy