//

HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DENGAN LUARAN SEPSIS NEONATORUM DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMI ANNISA SYARLI - Personal Name
SubjectNEONATAL MEDICINE
LOW BIRTH WEIGHT - PEDIATRICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sepsis neonatorum adalah penyakit sistemik yang disertai dugaan atau bukti bakteri didalam darah yang biasanya terjadi dalam satu bulan pertama kehidupan. Salah satu faktor resiko sepsis neonatorum adalah berat badan lahir rendah. Pada neonatus dengan berat badan lahir rendah maturasi organ dan sistem kekebalan tubuh belum sempurna, sehingga mudah terinfeksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan berat badan lahir rendah dengan luaran pasien sepsis neonatorum di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan Cohort retrospektif, dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang yang diperoleh dari data sekunder berupa rekam medik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien sepsis neonatorum dengan berat badan lahir rendah sebanyak 8 orang, dimana 5 orang (62,5%) meninggal dan 3 orang (37,5%) sembuh, dan pasien sepsis neonatorum dengan berat badan lahir normal sebanyak 23 orang, dimana 13 orang (56,5%) meninggal dan 10 orang (43,5%) sembuh. Berdasarkan hasil analisis Fisher’s Exact test menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara berat badan lahir rendah dengan luaran sepsis neonatorum (p = 0,786, OR = 1,106), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara berat badan lahir rendah dengan luaran sepsis neonatorum di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013. Kata Kunci : Sepsis neonatorum, berat badan lahir rendah, luaran sepsis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMBERIAN DEKSAMETASON TERHADAP KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM PADA KELAHIRAN PREMATUR DI RSUDZA (CUT MEUTIA, 2018)

HUBUNGAN KETUBAN PECAH DINI DENGAN LUARAN BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH TERHADAP ANGKA SURVIVAL RATE SETELAH 1 MINGGU DILAHIRKAN DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dannu Wijaya, 2021)

HUBUNGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DENGAN HIPOTERMIA DI RUANG RAWAT INTENSIF NEONATAL RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Jose Asmara, 2016)

PENGARUH BERAT BADAN LAHIR RENDAH TERHADAP KEJADIAN IKTERUS NEONATORUM DI RUANG NICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fadhlyany, 2017)

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS GESTASIONAL IBU TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR DAN TINGKAT MATURITAS NEONATUS DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nurussamawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy