//

ANALISIS KEPUASAN DOKTER SPESIALIS TERHADAP PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUDZA TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Latifa Dara Meutuah - Personal Name
SubjectJOB SATISFACTION
MEDICAL SERVICES
MEDICAL INSURANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dokter spesialis mempunyai peran penting bagi rumah sakit. Oleh karena itu, kepuasan dokter spesialis sangatlah berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan dokter spesialis dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan November-Desember 2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 82 dokter spesialis. Hasil penelitian membuktikan bahwa 12,2% responden merasa sangat tidak puas, 35,4% responden merasa tidak puas. 47,6% yang merasa puas, dan hanya 4,9% responden merasa sangat puas. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan antara kepuasan dengan pengetahuan tentang INA CBGs (P = 0,000), kondisi lingkungan kerja (p = 0,000), remunerasi (p = 0,000), transparansi (p = 0,000), dan kebijakan rumah sakit (p = 0,000). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan dengan pengetahuan tentang INA CBgs, kondisi lingkungan kerja, remunerasi, transparansi, dan kebijakan rumah sakit. Kata kunci: JKN, Kepuasan dokter spesialis, Pengetahuan dokter tentang INA CBGs, Kondisi lingkungan kerja, Remunerasi, Transparansi, Kebijakan rumah sakit

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGISIAN REKAM MEDIS RAWAT INAP OLEH DOKTER DI RSUD MEURAXA (Ridha Rahmah Sufri, 2016)

PERANCANGAN PROTOTIP APLIKASI ELECTRONIC MEDICAL RECORD DAN ELECTRONIC MEDICAL REGISTRATION BERBASIS ANDROID DI RSHP PROF. DR.NOERJANTO FKH UNSYIAH (DITA ANGGRAINI, 2020)

KELENGKAPAN PENGISIAN REKAM MEDIS PELAYANAN MEDIK RAWAT JALAN DI RSGM UNSYIAH (Putri Magribna, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS BEDAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (QATRUNADA RIZALDI, 2021)

ANALISIS KEPUASAN DOKTER TERHADAP SISTEM KAPITASI DALAM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSAT LAYANAN PRIMER DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH (RABIATUL MUMTAZAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy