//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN HIGIENE DENGAN FLUOR ALBUS DI KLINIK IMS PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hilda Yenni - Personal Name
SubjectHYGIENE
HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fluor albus merupakan keluhan umum yang sering terjadi pada wanita di berbagai kelompok usia. Pengetahuan dan higiene merupakan faktor yang berperan dalam terjadinya fluor albus terutama fluor albus patologis yang disebabkan oleh infeksi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan higiene dengan fluor albus di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada 2 Desember 2014 sampai 2 Januari 2015. Sampel berjumlah 32 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling. Pengetahuan dan higiene responden diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner, data fluor albus diperoleh dari rekam medis Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian didapatkan 18 orang responden mengalami fluor albus patologis dan 14 orang mengalami fluor albus fisiologis. Hasil uji Chi square pada interval kepercayaan 95% dan nilai α = 0,05 didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan fluor albus (p-value = 0,043 dan RP 2,08) dan adanya hubungan yang signifikan antara higiene dengan fluor albus (p-value 0,036 dan RP 2,29). Hal ini menunjukkan bahwa seseorang dengan pengetahuan buruk mempunyai resiko 2,08 kali lebih besar untuk mengalami fluor albus patologis dan seseorang dengan higiene buruk memiliki resiko 2,29 kali lebih besar untuk mengalami fluor albus patologis. Kata kunci : fluor albus, pengetahuan, higiene.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN STRES TERHADAP FLUOR ALBUS PADA MAHASISWI KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Desiska Rauzani, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWI TERHADAP KEJADIAN FLUOR ALBUS DI AKADEMI KEBIDANAN NADHIRAH BANDA ACEH TAHUN 2012 (Rizqi Fajrin, 2016)

POLA MIKROORGANISME PENYEBAB FLUOR ALBUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nanda Aulia, 2016)

POLA MIKROORGANISME PENYEBAB FLUOR ALBUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nanda Aulia, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEPUTIHAN (FLUOR ALBUS) PADA SISWA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Diana, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy