//

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA EKONOMI DAERAH PEMEKARAN DENGAN DAERAH INDUK DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERAWATI - Personal Name
SubjectLOCAL GOVERNMENT
DECENTRALIZATION-PUBLIC ADMINISTRATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja ekonomi di daerah induk dan daerah pemekaran di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Aceh. Ruang lingkup penelitian yaitu 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh terdiri dari 12 daerah pemekaran dan 11 daerah induk dengan menggunakan data sekunder dari tahun 2009-2012. Model analisis yang digunakan adalah Indeks Kinerja Ekonomi (IKE) dengan menggunakan data pertumbuhan ekonomi, laju pertumbuhan PDRB, pendapatan per kapita, dan PDRB migas serta non migas. Hasil penelitian ini menunjukkan semua daerah induk memiliki angka kinerja ekonomi daerah yang lebih besar dibandingkan dengan daerah pemekarannya. Artinya bahwa kinerja ekonomi daerah induk masih lebih baik dibandingkan daerah pemekaran. Pemerintah Aceh sebaiknya melakukan evaluasi kelayakan terhadap daerah yang akan dilakukan pemekaran atau DOB agar daerah baru yang terbentuk benar-benar memiliki kesiapan sebagai sebuah daerah otonomi yang memiliki kinerja ekonomi daerah yang sama atau lebih baik dari daerah induk. Kata Kunci : Indeks Kinerja Ekonomi, PDRB, Pendapatan Per Kapita, DOB.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PEMEKARAN DENGAN DAERAH INDUKNYA DI PROVINSI ACEH (IRWANDA, 2017)

PENGARUH FISCAL STRESS, JENIS PEMERINTAH DAERAH DAN BESARAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA (Redha Rizky, 2015)

ANALISIS PENGARUH PEMEKARAN KABUPATEN GAYO LUES TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN INDUK (ACEH TENGGARA) (Yusuf, 2021)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (m. chalis, 2016)

ANALISIS KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN INDUK DAN KABUPATEN PEMEKARANNYA DI PROPINSI SUMATERA BARAT (Yefirson, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy