//

UJI DAYA HAMBAT MINYAK KELAPA MURNI (VIRGIN COCONUT OIL) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ade novita - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
CANDIDIASIS - MEDICINE
CANDIDA ALBICANS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Jamur Candida albicans adalah jamur patogen aportunistik yang dapat menyebabkan penyakit infeksi pada manusia yang disebut kandidiasis. Pengobatan untuk kandidiasis dapat menggunakan antijamur golongan azol, namun obat ini sudah banyak dilaporkan resisten, sehingga diperlukan alternatif pengobatan dari bahan alam. Minyak kelapa murni dipercayai dapat membunuh jamur Candida albicans karena kandungan medium chain fatty acid yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah minyak kelapa murni mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan 4 kelompok perlakuan, yaitu kelompok minyak kelapa murni dengan konsentrasi 60%, 80%, 100%, dan kontrol negatif yaitu akuades. Uji daya hambat dilakukan dengan metode difusi cakram. Rata-rata zona hambat yang terbentuk pada kelompok minyak kelapa murni 60%, 80%, 100%, dan kontrol negatif masing masing adalah 5.6 cm, 7.4 cm, 10.4 cm, dan 0 cm. Hasil analisa data secara statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna kemampuan daya hambat minyak kelapa murni dengan kontrol negatif, yang berarti minyak kelapa murni mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans .Berdasarkan respon hambatan mikroba minyak kelapa murni konsentrasi 60%, dan 80% memiliki kemampuan daya hambat lemah, sedangkan minyak kelapa murni konsentrasi 100% memiliki kemampuan daya hambat sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa minyak kelapa murni mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans namun daya hambatnya hanya dalam skala lemah sampai sedang. Kata Kunci : Candida albicans, Kandidiasis, Minyak kelapa murni

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANS (Putri Handayani, 2019)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL MINYAK ATSIRI BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) TERHADAP JAMUR CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO (T Akmal Kausar, 2015)

PENGARUH DAUN ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA LINN) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (Cut Nyak Keumala , 2016)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM) DAN BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) TERHADAP PERKEMBANGAN CANDIDA ALBICANS (NUR RAHMANIA, 2017)

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN DAN KULIT BATANG CEREMAI (PHYLLANTHUS ACIDUS) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (ASSYIFA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy