//

HUBUNGAN MYOFASCIAL TRIGGER POINTS (MTRPS) PAIN TERHADAP JENIS, LOKASI, DAN INTENSITAS NYERI KEPALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVITA NURUL KHOIRUNNISA - Personal Name
SubjectPAIN - SYMPTOM
HEADACHE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Latar Belakang: Nyeri kepala merupakan salah satu gangguan sistem saraf paling umum dengan dampak yang besar pada kesehatan masyarakat yang dapat disebabkan oleh berbagai etiologi dan sebagian diantaranya merupakan gejala patologi yang serius. Lokasi dan intensitas nyeri kepala terkait dengan etiologi nyeri kepala tersebut Pada beberapa kasus, nyeri kepala dapat disertai dengan timbulnya nyeri akibat adanya stimulasi pada myofascial trigger points (MTrPs), yaitu spot kecil yang hiperiritasi dan terletak memusat yang timbul di dalam taut band otot skeletal yang mengalami cedera atau beban kerja yang berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Myofascial Trigger Points (MTrPs) Pain terhadap Jenis, Lokasi, dan Intensitas Nyeri Kepala. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter ahli saraf serta wawancara dengan menggunakan numeric pain scale (NPS) kemudian dianalisis menggunakan uji Fisher dan Mann Whitney. Hasil: MTrPs positif pada M. sternocleidomastoideus ada pada 38 orang, M. trapezius 36 orang, M. temporalis 31 orang, M. masseter superficialis 20 orang, M. suboccipitalis 18 orang, M. levator scapulae 34 orang, dan M. obliquus superior 20 orang. Jumlah MTrPs aktif terbanyak adalah 4 MTrPs aktif pada 15 orang dan referred pain (nyeri alih) dari MTrPs hanya ada pada 5 orang. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara Myofascial Trigger Points (MTrPs) Pain dengan jenis nyeri kepala namun terdapat hubungan antara Myofascial Trigger Points (MTrPs) Pain dengan lokasi dan intensitas nyeri kepala. Kata Kunci: Nyeri Kepala, Trigger Point, Myofascial Trigger Points, Myofascial Trigger Points Pain, MTrPs

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MYOFASCIAL TRIGGER POINTS (MTRPS) PAIN TERHADAP KARAKTERISTIK PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) KRONIK DI POLI SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABISIN BANDA ACEH (NOVIA RAHMI PUTRI, 2017)

EFEKTIVITAS DRY NEEDLING TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA NYERI MYOFASCIAL TRIGGER POINTS OTOT TRAPEZIUS (Muhammad Fadli, 2016)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN NYERI KEPALA PRIMER DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (MUHIBBUL HADI, 2017)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN OSTEOARTRITIS DI POLI BEDAH ORTOPEDI RSUDZA BANDA ACEH (Annis Octavani, 2014)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ANTI NEUROPATHIC PAIN PADA PASIEN CANCER PAIN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SUZILA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy