//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN ORANGTUA DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI LANJUTAN PADA ANAK SD NEGERI 24 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHELLA JOBIWARMA CHANIAGO - Personal Name
SubjectEDUCATION
IMMUNIZATION - DISEASES CONTROL
KNOWLEDGE
ATTITUDES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sejak tahun 1983 anak Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu sasaran program imunisasi untuk mencegah penyakit difteri dan tetanus, adapun imunisasi lanjutan yang diberikan disekolah, antara lain campak, DT dan TT. Imunisasi pada saat sekolah dasar sangat diperlukan karena imunisasi pada masa bayi dan balita sudah berkurang pada usia sekolah. Cakupan Imunisasi Lanjutan pada anak sekolah dasar khususnya di Provinsi Aceh masih sangat rendah karena tingkat pengetahuan, sikap dan pendidikan orangtuanya masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelengkapan imunisasi lanjutan pada anak SD Negeri 24 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatakan cross sectional dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara proporsional Stratified Random Sampling. Penelitian dilakukan dengan cara membagi kuesioner yang terdiri dari 16 item pertanyaan. Analisa data dilakukan menggunakan Chi-square test dan Uji Fisher. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan(p= ,019), sikap(p= ,000) dan pendidikan(p= ,021) orangtua terhadap imunisasi lanjutan pada anak SD (p < 0,05). Dari penelitian disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap dan pendidikan orangtua secara signifikan berpengaruh terhadap kelengkapan imunisasi lanjutan pada anak SD Negeri 24 Banda Aceh. Kata Kunci: Imunisasi Lanjutan, tingkat pengetahuan, sikap dan pendidikan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PEKERJAAN IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B0 DI POSYANDU PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (HABIBATURRAHMI, 2016)

PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (OCTAVINA SUSANTI, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RNJEULINGKE KOTA RNBANDA ACEH (Safarna Lavia, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy