TINJAUAN KINERJA RUAS JALAN T. NYAK ARIEF, KOTA BANDA ACEH AKIBAT KEGIATAN PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA) VI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TINJAUAN KINERJA RUAS JALAN T. NYAK ARIEF, KOTA BANDA ACEH AKIBAT KEGIATAN PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA) VI


Pengarang

RISKY YUDHA PRATAMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0904101010034

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik Sipil., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) merupakan sebuah event budaya besar dan pada tahun 2013 telah memasuki gelaran ke VI yang diadakan di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh. Jalan T. Nyak Arief sebagai akses utama yang berdekatan dengan PKA VI menimbulkan kemacetan lalu-lintas dan meningkatnya delay sehingga mempengaruhi jaringan jalan di sekitarnya. Kemacetan di Jalan T. Nyak Arief terjadi akibat meningkatnya aktivitas hambatan samping saat PKA VI, yaitu terdapat on-street parking dan ditambah oleh banyaknya pengunjung yang datang dari setiap kabupaten/kota di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah meninjau kinerja Jalan T. Nyak Arief pada kondisi PKA VI, kondisi skenario dengan relokasi on-street parking dan membandingkannya dengan kondisi setelah PKA VI. Penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data yang diperlukan yaitu geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping dan waktu tempuh. Pengambilan data dilakukan selama kondisi PKA VI hari Jum’at dan Minggu, 27 dan 29 September 2013 dan kondisi setelah PKA VI pada 8 dan 10 November 2013 pukul 16.30-18.30 WIB. Berdasarkan hasil analisis dan dibandingkan dengan kondisi setelah PKA bahwa selama PKA VI terjadi peningkatan volume lalu lintas arah Hotel Mekkah – Simpang Lampriet sebesar 87% dengan penurunan kapasitas 43% sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 1,17 dengan tingkat pelayanan jalan F, sementara arah Simpang Lampriet – Hotel Mekkah peningkatan volume sebesar 56% dan penurunan kapasitas 36% sehingga diperoleh nilai DS sebesar 0,85 dengan tingkat pelayanan jalan E. Analisis dengan penerapan skenario relokasi on-street parking diperoleh nilai DS sebesar 0,68 untuk arah Hotel Makkah – Simpang Lampriet sementara pada arah Simpang Lampriet – Hotel Mekkah diperoleh nilai DS sebesar 0,54 dibadingkan dengan kondisi PKA VI, tingkat pelayanan jalan untuk kedua arahya adalah C. Hal ini membuktikan penerapan skenario tersebut menghasilkan kinerja jalan yang baik yang dapat diterapkan untuk upaya pemecahan kemacetan lalu lintas.

Kata Kunci: Kinerja jalan, relokasi on-street parking, PKA VI

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK