//

TINJAUAN KINERJA RUAS JALAN T. NYAK ARIEF, KOTA BANDA ACEH AKIBAT KEGIATAN PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA) VI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKY YUDHA PRATAMA - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) merupakan sebuah event budaya besar dan pada tahun 2013 telah memasuki gelaran ke VI yang diadakan di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh. Jalan T. Nyak Arief sebagai akses utama yang berdekatan dengan PKA VI menimbulkan kemacetan lalu-lintas dan meningkatnya delay sehingga mempengaruhi jaringan jalan di sekitarnya. Kemacetan di Jalan T. Nyak Arief terjadi akibat meningkatnya aktivitas hambatan samping saat PKA VI, yaitu terdapat on-street parking dan ditambah oleh banyaknya pengunjung yang datang dari setiap kabupaten/kota di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah meninjau kinerja Jalan T. Nyak Arief pada kondisi PKA VI, kondisi skenario dengan relokasi on-street parking dan membandingkannya dengan kondisi setelah PKA VI. Penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data yang diperlukan yaitu geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping dan waktu tempuh. Pengambilan data dilakukan selama kondisi PKA VI hari Jum’at dan Minggu, 27 dan 29 September 2013 dan kondisi setelah PKA VI pada 8 dan 10 November 2013 pukul 16.30-18.30 WIB. Berdasarkan hasil analisis dan dibandingkan dengan kondisi setelah PKA bahwa selama PKA VI terjadi peningkatan volume lalu lintas arah Hotel Mekkah – Simpang Lampriet sebesar 87% dengan penurunan kapasitas 43% sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 1,17 dengan tingkat pelayanan jalan F, sementara arah Simpang Lampriet – Hotel Mekkah peningkatan volume sebesar 56% dan penurunan kapasitas 36% sehingga diperoleh nilai DS sebesar 0,85 dengan tingkat pelayanan jalan E. Analisis dengan penerapan skenario relokasi on-street parking diperoleh nilai DS sebesar 0,68 untuk arah Hotel Makkah – Simpang Lampriet sementara pada arah Simpang Lampriet – Hotel Mekkah diperoleh nilai DS sebesar 0,54 dibadingkan dengan kondisi PKA VI, tingkat pelayanan jalan untuk kedua arahya adalah C. Hal ini membuktikan penerapan skenario tersebut menghasilkan kinerja jalan yang baik yang dapat diterapkan untuk upaya pemecahan kemacetan lalu lintas. Kata Kunci: Kinerja jalan, relokasi on-street parking, PKA VI

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN KINERJA RUAS JALAN T. NYAK ARIEF, KOTA BANDA ACEH AKIBAT KEGIATAN PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA) VI (RISKY YUDHA PRATAMA, 2015)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

ANALISIS OFF STREET PARKING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS 0 + 000 – 0 + 300 MENUJU ARAH JALAN T. NYAK ARIEF) (Fauzan Yusra Siregar, 2020)

ANALISIS KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DAN KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN PERKANTORAN (STUDI KASUS KANTOR DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) DAN DINAS KEUANGAN ACEH (DKA) BANDA ACEH) (FAUZANA RUSMAR, 2015)

ANALISIS OFF STREET PARKING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS STA 1 + 440 – STA 1 + 740 MENUJU ARAH SIMPANG BPKP) (Desky Aulia Pratama, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy