//

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name
SubjectGROSS DOMESTIC PRODUCT
ECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Untuk mengetahui sektor dan unggulan daerah Kabupaten Aceh Utara diperlukan suatu metode yang digunakan untuk mengkaji dan mengukur pertumbuhan ekonomi daerah yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menentukan hal-hal apa yang harus dilakukan untuk mempercepat laju pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan menentukan sektor unggulan pada kebupaten Aceh Utara sebagai suatu pedoman dalam perencanaan pembangunan ekonomi daerah. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Aceh Utara dan Provinsi Aceh tahun 2007-2012. Model analisis yang digunakan adalah model Location Quotient ( LQ), shift share dan Kontribusi Sektor. Dari Hasil analisis indeks LQ yang merupakan sektor basis adalah sektor pertanian, sektor industri pengolahan, sektor pengangkutan dan komunikasi dan sektor Keuangan, Sewa, dan Jasa perusahaan, Hasil analisis shift share menunjukan sektor yang tumbuh cepat di provinsi adalah sektor listrik dan air minum, sektor pengangkutan dan komunikasi, sektor perbankan dan lembaga keuangan, sedangkan sektor yang kompetitif adalah sektor pertambangan dan penggalian, sektor listrik dan air minum, sektor bangunan dan kontruksi, sektor perdagangan, hotel dan restaurant, sektor Keuangan, Sewa, dan Jasa perusahaan, serta sektor jasa-jasa. Hasil analisis kontribusi sektor, sektor yang mempunyai kontribusi rata-rata yang lebih besar dibanding provinsi adalah sektor pertanian, sektor industri pengolahan, sektor pengangkutan dan komunikasi, serta Keuangan, Sewa, dan Jasa perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan dari ketiga analisis di atas dapat disimpulkan bahwa sektor yang merupakan sektor unggulan dengan kriteria sektor basis, tumbuh cepat di provinsi, kompetitif, serta mempunyai kontribusi yang lebih besar dibanding provinsi adalah sektor Keuangan, Sewa, dan Jasa perusahaan. Kata Kunci : Sektor unggulan, Produk domestik regional bruto, Location Quotient, Shift Share,

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH (Raisa Fajri, 2018)

KETERKAITAN SEKTOR UNGGULAN DI PROVINSI ACEH: PENGARUHNYA TERHADAP PENGEMBANGAN PERKOTAAN (MUHAMMAD FAZIL, 2016)

KONTRIBUSI PDRB SUB SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TIMUR (FITRAH MAULANA BATU BARA, 2018)

PENGARUH PEMBENTUKAN MODAL KOTOR (GROSS CAPITAL FORMATION), KEBEBASAN EKONOMI DAN KEBEBASAN POLITIK TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO : ANALISIS ANTAR NEGARA (Danny Pratomo, 2014)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (T Syarifuddin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy