PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH


Pengarang

Siti Nurjihan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103070004

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

iii
ABSTRAK
Kata Kunci: Model pembelajaran, Reciprocal Teaching, hasil Belajar.
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang
diterapkan kurang tepat, sehingga judul penelitian ini adalah “Penerapan Model
Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Tekanan di Kelas VIII
3
MTsN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada penerapan model
pembelajaran Reciprocal Teaching, Aktivitas guru dan siswa pada penerapan model
pembelajaran Reciprocal Teaching, keterampilan guru dalam mengolah
pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan
respon siswa pada penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3
MTsN Rukoh Banda Aceh yang
berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan
pengamatan langsung. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase.
Hasil penelitian Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan
prestasi belajar dan siswa menjadi aktif, Persentase aktivitas guru dan siswa
meningkat, Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Reciprocal Teaching
meningkat dengan kategori baik, dan Persentase respon siswa baik terhadap
penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran fisika pada materi Tekanan dengan menggunakan model
pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK