HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH


Pengarang

R.A. NINGRUM PRATIWI A - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1107101010030

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Puskesmas sebagai sarana pelayanan tingkat pertama merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengendalikan risiko bencana. Tenaga kesehatan di Puskesmas sudah seharusnya memiliki sikap kesiapsiagaan bencana untuk melakukan tindakan persiapan menghadapi kondisi darurat secara cepat dan tepat, guna mengurangi dampak akibat bencana. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan bencana pada tenaga kesehatan Puskesmas Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di lima Puskesmas Banda Aceh yaitu Puskesmas Baiturrahman, Puskesmas Jeulingke, Puskesmas Banda Raya, Puskesmas Uleekareng, Puskesmas Lampulo. Sampel diambil dengan metode Cluster Sampling dengan jumlah sampel 118 tenaga kesehatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square (?=0,05). Hasil penelitian diperoleh mayoritas pengetahuan tenaga kesehatan mengenai kesiapsiagaaan adalah pada tingkat sedang (50.8%), kemudian pada tingkat kurang (28.8%), dan baik (20,3%). Sikap tenaga kesehatan mengenai kesiapsiagaaan dengan presentasi tertinggi adalah sedang (58,5%), kurang (22%) dan baik (19,5%). Pada hasil Chi-Square diperoleh bahwa ada hubungan signifikan antara pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan bencana (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan bencana pada tenaga kesehatan Puskesmas Banda Aceh.

Kata kunci: Bencana, Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Puskesmas, Sikap, Tenaga Kesehatan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK