//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang R.A. NINGRUM PRATIWI A - Personal Name
SubjectDISASTER PREPAREDNESS
DISASTER - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Puskesmas sebagai sarana pelayanan tingkat pertama merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengendalikan risiko bencana. Tenaga kesehatan di Puskesmas sudah seharusnya memiliki sikap kesiapsiagaan bencana untuk melakukan tindakan persiapan menghadapi kondisi darurat secara cepat dan tepat, guna mengurangi dampak akibat bencana. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan bencana pada tenaga kesehatan Puskesmas Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di lima Puskesmas Banda Aceh yaitu Puskesmas Baiturrahman, Puskesmas Jeulingke, Puskesmas Banda Raya, Puskesmas Uleekareng, Puskesmas Lampulo. Sampel diambil dengan metode Cluster Sampling dengan jumlah sampel 118 tenaga kesehatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh mayoritas pengetahuan tenaga kesehatan mengenai kesiapsiagaaan adalah pada tingkat sedang (50.8%), kemudian pada tingkat kurang (28.8%), dan baik (20,3%). Sikap tenaga kesehatan mengenai kesiapsiagaaan dengan presentasi tertinggi adalah sedang (58,5%), kurang (22%) dan baik (19,5%). Pada hasil Chi-Square diperoleh bahwa ada hubungan signifikan antara pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan bencana (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap kesiapsiagaan bencana pada tenaga kesehatan Puskesmas Banda Aceh. Kata kunci: Bencana, Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Puskesmas, Sikap, Tenaga Kesehatan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH (Tri Wahyudi, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH (R.A. NINGRUM PRATIWI A, 2015)

HUBUNGAN PENGALAMAN KEJADIAN TSUNAMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA MASYARAKAT DI GAMPONG JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Susi Safinah, 2015)

PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN PERAWAT PADA PUSKESMAS YANG BERISIKO TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI BANDA ACEH (INTAN MASLIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy