//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zikrayanti - Personal Name
SubjectCOOPERATIVE LEARNING
STUDENT ACTIVITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran, Team Games Tournament Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 5 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Turnamen dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran seni tari? Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dalam pembelajaran seni tari di kelas XII IPS 2 sman 5 banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative teams games tournaments dalam pembelajaran seni tari kelas XII IPS 2 di SMAN 5 Banda Aceh. Penelitian dilakukan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain praeksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, angket respon siswa, dan soal tes. Setelah data terkumpul maka selanjutnya data ini diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir (posttest). Sebelum penerapan model pembelajaran, ada dua siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 12,15%. Setelah tindakan pembelajaran menunjukkan 12 orang siswa mencapai ketuntasan mencapai 75%. Keberhasilan juga dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa yang mencapai 100%. Kesimpulan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sangat baik diterapkan dalam pembelajaran seni tari karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PADA MATERI PETA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. (Cut Linasari, 2018)

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X MAN BEUREUNUEN (Sri Astuti Ningsih, 2013)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH (Sari Karmila, 2015)

HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KLEAS X MIA1 SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Yenny Kurniawati, 2017)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 5 BANDA ACEH (Cut Nurul Fadila, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy