//

GRADASI PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN KLASIFIKASI KELLGERN-LAWRENCE DAN FAKTOR-FAKTOR RISIKONYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PELANGI LESTARI - Personal Name
SubjectOSTEOARTRITIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Latar belakang: Osteoartritis lutut merupakan penyakit degeneratif sendi yang sering ditemukan di Indonesia. Pada pemeriksaan radiologis sendi lutut pasien osteoartritis lutut, terdapat perubahan-perubahan sendi lutut yang dinilai menurut kriteria Kellgren dan Lawrence. Perubahan-perubahan pada sendi lutut ini dipengaruhi oleh faktor-faktor resiko diantaranya kegemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara kegemukan sebagai faktor resiko yang diwakili oleh Indeks Masa Tubuh (IMT) dengan derajat osteoartritis lutut menurut Kellgren dan Lawrence. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2012 di Poliklinik Reumatologi Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Derah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Responden dalam penelitian sebanyak 53 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, persentase Dua puluh delapan pasien osteoartritis lutut yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi di SMF Ilmu Penyakit Dalam (Poli Reumatik) dan Instalasi Rehabilitasi Medik RS. Dr. Kariadi Semarang selama bulan Maret sampai April 2010, dilakukan penghitungan IMT dan pengklasifikasian derajat osteoartritis lutut menurut Kellgren dan Lawrence. Data dideskripsikan dalam bentuk tabel dan gambar, dilakukan uji Chi square dengan α = 0,05, CI 95%, dan power 80% menggunakan SPSS for Windows 15.0. Hasil: Uji Chi square baik untuk IMT dengan derajat osteoartritis lutut unilateral maupun untuk IMT dengan derajat osteoartritis lutut bilateral menghasilkan nilai p = 1,000. Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara Indeks Masa Tubuh (IMT) dengan derajat osteoartritis lutut menurut Kellgren dan Lawrence. Kegemukan merupakan faktor resiko terhadap terjadinya osteoartritis lutut, tetapi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan derajat osteoartritis lutut. Ada banyak faktor resiko lain yang juga menentukan derajat osteoartritis lutut pasien. Kata kunci: IMT, derajat osteoartritis lutut, Kellgren dan Lawrence

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT UMUM ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Cici Enjelia Nata, 2019)

HUBUNGAN KADAR OSTEOPONTIN SERUM DAN CAIRAN SINOVIAL DENGAN TINGKAT KEPARAHAN OSTEOATHRITIS LUTUT (Dr. Andi Suryawan, 2019)

HUBUNGAN KADAR SERUM INTERLEUKIN 6 DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS LUTUT (dr. Muldani Nosarios, 2018)

HUBUNGAN KADAR SERUM ASAM HIALURONAT DENGAN DERAJAT KEPARAHAN OSTEOARTRITIS LUTUT BERDASARKAN KELLGREN LAWRANCE DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Price maya, 2015)

HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG DAN PANGGUL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dian Islami, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy