//

OPTIMALISASI PROYEK DENGAN METODE CPM DAN PERT (STUDI KASUS PROYEK REKONSTRUKSI/PENINGKATAN STRUKTUR JALAN SIMPANG PEUT – BATAS ACEH SELATAN KM. 337)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Akmalia - Personal Name
SubjectESTIMATES
OPTIMIZATION-MATHEMATICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan untuk melihat penerapan Metode CPM (Critical Path Method) dan PERT (Project Evaluation and Review Technique) dalam mengoptimalisasi penjadwalan Proyek Rekonstruksi/ Peningkatan Struktur Jalan Simpang Peut – Batas Aceh Selatan Km. 337. Metode CPM menentukan kegiatan-kegiatan kritis melalui jalur kritis dengan menggunakan perhitungan maju dan perhitungan mundur. Percepatan durasi proyek (program crashing) pada kegiatan kritis dihitung. Serta peluang waktu percepatan dilakukan melalui perhitungan nilai Z dengan metode PERT. Ternyata tampak pada proyek ini terdapat 11 kegiatan kritis yang membentuk jalur kritis dengan total waktu pelaksanaan proyek normal 240 hari. Hasil perhitungan yang dilakukan bahwa percepatan dengan metode crashing diperoleh total waktu pelaksanaan proyek menjadi lebih singkat yaitu selama 180 hari yang berdampak pada biaya proyek berkurang menjadi Rp. 6.926.770.000 dari biaya normal Rp 6.963.663.000 dengan peluang waktu percepatan pelaksanaan proyek sebesar 99%. Kata kunci: CPM, PERT, jalur kritis, crashing, Proyek Rekonstruksi/ Peningkatan Struktur Jalan Simpang Peut – Batas Aceh Selatan Km. 337

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROPORSI BIAYA SUMBER DAYA MANUSIA, MATERIAL DAN ALAT PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN (BERRIL MUFARDIS, 2019)

ANALISIS PERBANDINGAN METODE CPM DAN PDM DALAM OPTIMALISASI PENJADWALAN PROYEK (STUDI KASUS PROYEK REHABILITASI EMBUNG LAMSIE KAB. ACEH BESAR) (Nanda Altriara, 2017)

ANALISIS WAKTU PENYELESAIAN PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERT (PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG POSKESDES (Aulia Prima Habda Harahap, 2013)

PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN BIAYA ALAT PEMADAT PADA PERKERASAN JALAN DI ACEH BESAR (Seri Ramadani, 2017)

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (ZUHRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy