//

HUBUNGAN HIPERTENSI DAN STATUS GIZI DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN PADA LANSIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Dika Utari - Personal Name
SubjectNUTRITION - HEALTH
ELDERLY
HYPERTENSION - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Hipertensi dan masalah gizi yang cenderung terjadi pada lansia diduga merupakan faktor risiko yang mengakibatkan gangguan keseimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hipertensi dan status gizi dengan gangguan keseimbangan pada lansia. Metode: Studi analitik dengan desain cross sectional dilaksanakan pada 22 September sampai 25 November 2014. Besar sampel adalah 86 orang dikumpulkan secara consecutive sampling. Hipertensi diperoleh dari pemeriksaan tekanan darah dan wawancara riwayat konsumsi obat anti hipertensi. Status gizi dinilai menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Gangguan keseimbangan diperiksa menggunakan tes Romberg dan Tes Romberg yang dipertajam. Hasil: Penelitian dilakukan pada 60 lansia laki-laki dan 26 lansia perempuan dengan umur rata-rata 66,03 tahun dan 63,19 tahun dimana kelompok umur terbanyak adalah 60-74 tahun (91,9%). Sebanyak 51,2% lansia mengalami hipertensi, 67,4% mengalami malnutrisi dan 61,6% mengalami gangguan keseimbangan. Berdasarkan hasil analisis chi-square didapatkan hubungan antara hipertensi dengan gangguan keseimbangan pada lansia (p value 0,009 (α = 0,005); IK 95%) dan status gizi tidak berhubungan dengan gangguan keseimbangan pada lansia (p value 0,90 (α = 0,005); IK 95%). Hipertensi dan status gizi tidak berhubungan dengan gangguan keseimbangan pada lansia (p value 0,84 dan 0,57). Kesimpulan: Gangguan keseimbangan berhubungan dengan hipertensi namun tidak berhubungan dengan status gizi. Hipertensi dan status gizi tidak berhubungan dengan gangguan keseimbangan pada lansia. Kata kunci: Gangguan keseimbangan, hipertensi, status gizi, lansia

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STATUS KOGNITIF DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN PADA LANSIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Anita Purnama Sari, 2016)

PROFIL LANSIA TERKAIT DENGAN FAKTOR RESIKO HIPERTENSI PADA LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rasyid Sulaiman Siregar, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN DAN KARAKTERISTIK KELUARGA YANG MERAWAT DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA LANSIA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (Nuri Nazari, 2016)

PERBEDAAN STATUS GIZI LANSIA YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG DENGAN LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG BANDA ACEH (Putri Wulan Tika, 2016)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DAN STATUS GIZI DENGAN HIPERTENSI PADA LANJUT USIA DI ACEH (Rahma Asti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy