Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Membentuk Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Banda Aceh
Pengarang
Depi Darmawati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906101070001
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.114
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci : Pendidikan Budi Pekerti, Perilaku Siswa
Penelitian ini berjudul : “Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Menbentuk Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Banda Aceh). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa. Apa saja hambatan penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Yang menjadi informan dalam penelitian ini lima belas (15) orang guru-guru SMP Negeri 5 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan budi pekerti dilaksanakan dalam membentuk prilaku siswa melalui pembinaan dan keteladanan. Sementara kendala yang dihadapi sangat kompleks baik dari dalam diri siswa maupun dari luar sehingga guru terkendala menginternalisasikan nilai-nilai budi pekerti dalam diri siswa. Penerapan pendidikan budi pekerti di sekolah dilakukan melalui pembinaan-pembinaan baik individu maupun secara kolektif dengan pendekatan holistik (pendekatan dengan melibatkan siswa dalam proses penanaman nilai dalam diri anak didik dalam setiap mata pelajaran). Saran dalam penelitian ini diharapkan pemerintah, orang tua, sekolah dan masyarakat saling bekerja sama dalam pembinaan nilai-nilai budi pekerti siswa melalui bimbingan, teladan dan pengawasan agar terbentuk prilaku yang baik dalam diri siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERAN GURU PPKN DALAM PENUMBUHAN BUDI PEKERTI MENURUT PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2015 (STUDI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TIMANG GAJAH) (VICA AFRIANTI, 2017)
PERAN KELUARGA DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR) (Agus Yunita, 2017)
THE MORAL AWARENES OF FISHERMEN TOWARD CHILDREN EDUCATION (A STUDY IN GAMPONG KUALA RAJA, DISTRICT KUALA, BIREUEN) (Hekal Febrian, 2018)
KOMPARASI PERSEPSI MAHASISWA KESEHATAN JENJANG PENDIDIKAN PROFESI TERHADAP KOMPETENSI INTI INTERPROFESSIONAL EDUCATION (BAYU PRASETYA ALFANDY, 2021)
PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA MONOPOLY BERVISI SETS PADA BIDANG STUDI GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN (Andika Triwidada, 2018)