Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Membentuk Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Banda Aceh | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Membentuk Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Banda Aceh


Pengarang

Depi Darmawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101070001

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.114

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Pendidikan Budi Pekerti, Perilaku Siswa
Penelitian ini berjudul : “Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Dalam Menbentuk Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 5 Banda Aceh). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa. Apa saja hambatan penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan budi pekerti dalam membentuk prilaku siswa . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Yang menjadi informan dalam penelitian ini lima belas (15) orang guru-guru SMP Negeri 5 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan budi pekerti dilaksanakan dalam membentuk prilaku siswa melalui pembinaan dan keteladanan. Sementara kendala yang dihadapi sangat kompleks baik dari dalam diri siswa maupun dari luar sehingga guru terkendala menginternalisasikan nilai-nilai budi pekerti dalam diri siswa. Penerapan pendidikan budi pekerti di sekolah dilakukan melalui pembinaan-pembinaan baik individu maupun secara kolektif dengan pendekatan holistik (pendekatan dengan melibatkan siswa dalam proses penanaman nilai dalam diri anak didik dalam setiap mata pelajaran). Saran dalam penelitian ini diharapkan pemerintah, orang tua, sekolah dan masyarakat saling bekerja sama dalam pembinaan nilai-nilai budi pekerti siswa melalui bimbingan, teladan dan pengawasan agar terbentuk prilaku yang baik dalam diri siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK