//

PERSEPSI TOKOH ADAT KOTA SUBULUSSALAM TERHADAP PEMBENTUKAN LEMBAGA WALI NANGGROE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ahmad afandi sambo - Personal Name
SubjectPERCEPTION
INSTITUTIONS (SOCIOLOGY)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Sejak pembentukan Lembaga Wali Nanggroe, menimbulkan beragam persepsi baik yang pro dan kontra dikalangan tokoh adat, tidak terkecuali dikalangan tokoh adat Kota Subulussalam. Sejak pembentukan Wali Nanggroe tentunya ada yang menjadi permasalahan berupa persepsi tokoh adat yang pro dan kontra terhadap Lembaga Wali Nanggroe di daerah Kota Subulussalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi tokoh adat Kota Subulussalam terhadap pembentukan Lembaga Wali Nanggroe, serta untuk mengetahui perbedaan persepsi tokoh adat Kota Subulussalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan adalah untuk memperoleh data primer yang dilakukan dengan wawancara dan observasi, sedangkan penelitian kepustakaan adalah untuk memperoleh data sekunder dengan cara membaca buku referensi, peraturan perundang-undangan, dan bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tokoh adat Kota Subulussalam terhadap pembentukan Lembaga Wali Nanggroe menimbulkan pro dan kontra, penyebab pro dan kontra dikalangan tokoh adat dikarenakan tidak adanya sosialisasi perihal Wali Nanggroe, sebagian tokoh adat juga tidak merespon adanya Wali Nanggroe dan sebagian tokoh adat tidak mengetahui tugas dan fungsi Lembaga Wali Nanggroe. Disarankan sabaiknya Lembaga Wali Nanggroe disosialisasikan terlebih dahulu, setiap tokoh adat juga diikut sertakan dalam urusan Lembaga Wali Nanggroe, pemangku Lembaga Wali Nanggroe juga aktif melakukan pendekatan-pendekatan sosial ke setiap daerah Provinsi Aceh agar Wali Nanggroe terealisasikan dengan baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRO DAN KONTRA LEMBAGA WALI NANGGROE DALAM PERSPEKTIF TOKOH MASYARAKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Rahmadsyah, 2016)

STUDI KOMPARASI PERAN MAJELIS ADAT ACEH DENGAN LEMBAGA WALI NANGGROE (winda zulkarnaini, 2015)

ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS PADA KANTOR WALI KOTA SUBULUSSALAM (Hayati Kombih, 2018)

MENGUJI INDEPENDENSI WALI NANGGROE BERDASARKAN QANUN ACEH NOMOR 9 TAHUN 2013 (Mauliza Effendi, 2017)

MAKNA SIMBOLIK PADA BUSANA PENGANTIN TRADISIONAL PRIA DAN WANITA DALAM UPACARA ADAT PERKAWINAN DI DESA SUBULUSSALAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Dede Anggi Riana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy